Mengenal Cara Kerja Pikiran

Bagaimana kita mengenal cara kerja pikiran kita agar sobat bisa memahami terhadap manfaatnya.
Kita coba bermain sejenak tanpa perlu banyak berpikir dan menganalisis, coba sobat perhatikan apa yang muncul didalam pikiran sobat saat saya berkata "teh botol...", Maka yang muncul dipikiran sobat adalah Teh sosro. Dan untuk "Tahapan" yang muncul dipikiran kita BCA, lalu apa hubungannya antara tahapan dan BCA? jika kita membuka kamus besar bahasa Indonesia, tahapan mempunyai makna proses atau fase. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? kita berpikir dalam tiga demensi, setiap pemikiran kita mempunyai komponen "ide" komponen "gambaran Mental" dan komponen "emosi". Setiap ide akan menghasilkan gambaran mental yang kemudian mengaktifkan emosi tertentu. Jadi saat saya berkata teh botol, maka ini adalah sebuah ide atau gagasan. Selanjutnya dalam pikiran sobat akan muncul gambar teh botol, dan yang terakhir akan muncul emosi yang pernah sobat alami dengan obyek teh botol, emosi ini dapat positif, negatif atau netral.

Ada dua berita bagi sobat semua, berita yang satu berita baik dan yang satunya lagi berita buruk. Biasanya orang akan minta diceritakan berita buruknya dulu, yang baik belakangan. kata mereka, "Save the best for the last". 
Berita baiknya adalah : 
bahwa kita, manusia, merupakan satu - satunya mahluk dimuka bumi ini yang dianugerahi kemampuan kemampuan berpikir yang luar biasa. Kita menjalani kehidupan dengan menggunakan kemampuan berpikir kita. Bukan sekedar berdasarkan pada insting seperti yang terjadi pada hewan. Kita adalah satu - satunya yang mampu menggunakan pikiran untuk menganalisis proses berpikir kita. Hebat buka?. Kita mampu berpikir mengenai pikiran kita sendiri, kemampuan ini dalam dunia psikologi dinamakan sebagai metalognisi. 

Berita buruknya adalah :
Jarang ada orang yang mau repot - repot menggunakan kemampuan berpikirnya untuk berpikir tentang pikirannya. Kebanyakan orang menjalani hidup "Apa adanya", bergantung pada "Program mental" yang menjalankan dirinya. Lebih parah lagi ada orang yang sama sekali tahu bahwa sebenarnya dia mempunyai kemampuan untuk menganalisis pikirannya sendiri. Jarang ada orang yang sadar dan bertanya pada diri mereka.
Pertanyaan berikut ini 
  1. Siapa saya ?
  2. Bagaimana saya dapat menjadi seperti diri saya sekarang?
  3. Mengapa saya berpikir, berprilaku dan merasakan dengan cara yang saya lakukan saat ini?
  4. Dari manakah asal pikiran yang ada dalam pikiran saya?
  5. Dapatkah saya berubah, meningkatkan diri menjadi orang yang lebih baik?
  6. Dan pertanyaan yang paling penting,  apabila saya dapat berubah, bagaimana caranya?
Jadi bagaimana cara kita memahami dan menggunakan pikiran kita dengan sebaik mungkin,  terhadap cara kerja pikiran kita ke arah yang positif dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita juga orang banyak.



Judul: Mengenal Cara Kerja Pikiran
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Arivo SE
Semoga Mengenal Cara Kerja Pikiran bermanfaat bagi sobat semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
.